Mengobati Penyakit Paru-Paru Basah (pneumonia)

By On Thursday, February 7th, 2013 Categories : Penyakit Paru-Paru

penyakit paru-paru basah pneumoniaMengobati Penyakit Paru-Paru Basah – Penyakit Paru-paru basah memiliki ranking yang cukup tinggi sebagai penyakit penyebab utama kematian, sehingga kita haruslah waspada terhadapnya, walaupun penyakit ini sudah banyak obat paru-paru basah dipasaran yang sudah terbukti dapat menyembuhkan secara total namun alangkah lebih baiknya kita mengenal penyakit paru-paru basah ini sehingga kita bisa menghindari penyebab penyakit paru-paru basah.

Sebenarnya kalimat penyakit paru-paru basah tidak ada dalam dunia medis, namun kalimat paru-paru basah dikenal masyarakat luas karena memang penyakit ini menyangkut organ paru-paru yang didalamnya terinfeksi tetesan kecil air/uap air yan mengandung bakteri, virus atau jamur. Dan di dunia medis penyakit paru-paru basah ini dikenal dengan pneumonia.

Penyebab penyakit paru-paru basah

Penyakit paru-paru basah biasanya terjadi karena masuknya kuman, bakteri, virus atau jamur. Kuman, bakteri, virus dan jamur ini biasanya masuk kedalam udara dan dihirup oleh hidung atau ketika seseorang dalam terinfeksi kuman, bakteri, virus atau jamur melalui batuk dan bersin-bersin. Bisa juga disebabkan ketika bakteri dan virus yang ada dalam mulut atau tenggorokan masuk seiring dengan nafas atau tanpa sengaja masuk kedalam paru-paru.

Bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh yang kuat fenomena ini akan memancing respon refleks sebagai sistem kekebalan tubuh dalam mencegah kuman dan bakteri, sehingga seseorang tersebut akan mengalami ketidak stabilan metabolisme, bahkan demam sebagai bentuk pertahanan tubuh.

Bagi yang daya tahan tubuhnya lemah, maka kuman, bakteri atau virus ini akan menetap di paru-paru tepatnya di kantung-kantung udara pada bagian paru-paru. Dan biasanya mereka akan berkembag biak secara pesat disana hingga jumlahnya banyak. Pada daerah itulah paru-paru akan terisi dengan cairan bahkan nanah (sel inflamasi tubuh) karena tubuh berusaha untuk melawan infeksi.

Pnemonia ini bisa terjadi pada satu atau kedua paru-paru kiri dan kanan.

Mengetahui Gejala dan tanda paru-paru basah

Gejala paru-paru basah harus kita ketahui, diantara tanda-tandanya adalah mengalami sakit pilek yang kemudian diikuti pula dengan demam yang tinggi, mengigil kedinginan serta sakit batuk berdahak. Apabila diamati dahak yang dihasilkan sedikit bercampur dengandarah. Apabila infeksi ini mengendap di saluran udara paru, maka batuk berdahak ini akan lebih dominan terlihat sebagai gejala paru-paru basah.

Apabila ini terjadi dalam waktu yang cukup lama biasanya ini akan mengganggu pada kandungan oksigen yag dibawa oleh darah karena di paru-paru merupakan tempat respirasi atau pertukaran oksigen dengan karbondioksida.

Oksigen akan berkurang dalam darah menyebabkan paru-paru menjadi kaku dan akan terasa sesak nafas. Juga ditandai dengan orang penderita paru-paru basah ini warna kulitnya akan cenderung terlihat kehitaman atau keunguan karena darah di tubuh kekurangan oksigen (sianosis).

Bisa juga diikuti dengan nyeri pada dada, karena biasanya akan berkembang juga pada daerah paru-paru yang disebut dengan pleura (rongga pada organ paru-paru), akan terasa lebih sakit atau nyeri dada penderita ketika digunakan untuk bernafas dalam-dalam yang disebut dengan nyeri pluritik atau myeri pleuritis.

Pengobatan Tradisional Penyakit Paru-Paru basah

Obat penyakit paru-paru basah pada umumnya adalah antibiotik, karena antibiotik sangat diperlukan tubuh untuk mengendalikan kuman, bakteri atau virus yang ada di organ paru-paru. Saat ini hampir total pengobatan paru-paru basah dapat disembuhkan dengan antibiotik. Tentunya mengkonsumsi anti biotik tidak sebentar, dan memiliki faktor resiko jangka panjang.

Untuk mencegah akibat buruk dari konsumsi antibiotik kimia, maka disarankan mengkonsumsi antibiotik alami seperti madu. Disarankan untuk mengkonsumsi madu jenis madu hitam pahit karena madu ini mengandung antibiotik alami yang tinggi sebagai peningkat daya tahan tubuh.

Secara pengalaman, selain degan obat-obat antibiotik kimiawi, penyakit paru-paru basah pun bisa diatasi dengan terapi paru-paru basah yaitu mengkonsumsi madu hitam pahit. Berbagai kasus penyakit paru-paru dapat teratasi baik kasus penyakit paru-paru pada orang dewasa, maupun kasus penyakit paru-paru pada anak.

Apabila mempunyai anak balita yang masih menyusui terkena penyakit paru-paru maka berikan madu hitam pahit ini dengan cara mengkonsumsikan madu hitam pahit kepada ibu yang menyusuinya satu jam sebelum memberikan ASI pada anak tersebut.

Semoga bisa membantu.

Mengobati Penyakit Paru-Paru Basah (pneumonia) | admin | 4.5