Penanganan anak asma

By On Monday, December 31st, 2012 Categories : Penyakit Asma

anak asmaJumlah Anak Asma di Indonesia cukup luar biasa, di usia batita (bawah tiga tahun) maupun balita (bawah lima tahun) dari tahun ke tahun secara grafik terus ada kenaikan, apakah semuanya gara-gara faktor keturunan? ternyata secara medis anak menderita asma dari faktor keturunan hanya sedikit dibanding dengan beberapa faktor penyebab anak terkena penyakit asma. Sehingga mewajibkan kepada orang tua maupun calon orang tua untuk lebih memperhatikan faktor lingkungan yang akan menunjang kesehatan anak.

Jangan biarkan anak anda menderita penyakit asma, karena sungguh membuat dirinya tidak nyaman dan terganggu perkembangan fisik dan mentalnya, mewaspadai sebelum terjadinya alangkah lebih baik dan bijak, beberapa faktor diantaranya yang harus diperhatikan orang tua untuk mewaspadai agar anak tidak terkena penyakit asma :

  • Ligkungan, Ciptakanlah lingkungan yang baik dan sehat bagi anak, bagaimanakah yang sehat itu? tentu lingkungan yang disekitarnya tidak menimbulkan efek negatif pada pertumbuhan anak, tempat yang bersih, cukup oksigen, asri, tidak lembab, tidak pengap karena kurang ventilasi udara, terjauhkan dari polusi udara misal dari kendaraan bermotor, asap pabrik dan juga asap rokok, polusi-polusi yang lainnya seperti polusi suara dan kurangnya sanitasi air disekitar, kesemuanya itu wajib kita perhatikan untukkesehatan anak.
  • Makanan, Berikan anak kita asupan makanan yang terbaik, namun yang terbaik itu belum tentu aman bagi kesehatannya, jadi sebagai orangtua harus pintar memilah dan memilih makanan, karena ada beberapa kondisi anak yang apabila diberikan makanan tertentu malah terpacu efek negatifnya seperti alergi, makanan yang harus diwaspadai untuk anak seperti makanan berprotein hewani, seperti telur, susu, keju, ikan, udang, terasi dll merupakan beberapa bahan makanan yang bagi sebagian orang akan memicu alergi.

Penanganan terhadap anak asma

Apabila anak anda terlanjur terkena penyakit asma maka dibutuhkan beberapa penanganan agar anak cepat sembuh dari asmanya, atau minimal asmanya tidak sering kambuh. Beberapa tips penanganan anak asma :

  • Pantau makanan mereka, dan lebih baik aturlah sedemikian rupa oleh kita selaku orang tua, makanan adalah faktor yang paling sering memicu anak terserang penyakit asma, terkadang kita selaku orangtua kecolongan oleh anak yang sering jajan diluar rumah, yang tanpa dia sadar bahwa makanan tersebut akan memicu terjadinya serangan asma.
  • Berikan pelatihan atau biasakan anda dengan anak melakukan olahraga kecil, minimal seminggu sakali atau seminggu dua kali luangkan waktu untuk berolahraga dengan anak, alangkah baiknya bawalah anak berolahraga ke tempat-tempat yang masih sejuk dan segar seperti ke pegunungan yang masi asri dan sejuk, sehingga anak bisa menghirup udara segar yang banyak oksigen.
  • Lihatlah kebiasaan sehari-hari anak anda, jangan banyak merangkak di lantai dengan dada yang menempel dengan lantai, karena posisi itu akan menyempitkan sekitar dada dan paru-paru serta suhu dingin pada lantai juga memicu anak mempunyai penyakit bronkitis.
  • Selalu biasakan anak untuk mencuci tangan setelah melakukan kegiatan bermain, karena di alat bermain, areal bermain apalagi umum banyak sekali pencemaran oleh bakteri atau virus yang memicu anak terserang penyakit asma, bukan saja sebelum makan, terkadang anak sering menggosokan tangannya ke hidung dan terhiruplah bakteri itu oleh anak.
  • Berikan ruangan yang sejuk dan kering untuk anak beristirahat atau tempat tidur anak, berikan ventilasi udara alami bukan dibantu dengan AC atau kipas angin, ventilasi udara harus mencukupi keluar masuk udara segar agar ruangan tidak pengap.
  • Untuk usia batita, biasakan anak menggunakan pakaian yang cukup tebal, walau anak akan merasa gerah, keringat yang keluar itu adalah bagus untuk sekresi lewat pori-pori kulit. usahakan bahan-bahan pakaian, sarung bantal, guling dan selimut tidak kain yang mudah berbulu.
  • Batasi anak untuk bermain dengan hewan peliharaan yang berbulu, seperti kucing, anjing, kelinci dan sejenisnya, karena bulu-bulu hewan tersebut bisa menjadi alergan pemicu kambuhnya asma pada anak.
  • Berikan nutrisi yang baik, sebaiknya nutrisi yang diberikan adalah yang alami, karena apabila nutrisi itu tercampurkan formula kimia, khawatir masa depannya akan menanggung efek negatif dari nutrisi kimia tersebut, salah satu nutrisi yang alami untuk anak adalah madu. Madu baik sekali untuk kesehatan saluran pernafasan dan organ paru-paru, berikan madu secara rutin, ada baiknya juga apabila anda memberikan madu yang satu ini madu hitam pahit, karena madu ini mengandung alkaloid yang tinggi sebagai zat penyembuhan asma pada anak.

 

Penanganan anak asma | admin | 4.5