infeksi saluran pernafasanPenyakit Infeksi Saluran Pernafasan merupakan salah satu penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat, Namun pada prakteknya penyakit infeksi saluran pernafasan hanya bersifat ringan-ringan saja seperti penyakit batuk pilek, influenza, karena virus dll. Sebetulnya penyakit ini tidak memerlukan zat anti biotik kimia, kerena merupakan penyakit ringan. Saluran pernafasan yang kerap kali terjangkit infeksi saluran pernafasan yaitu saluran pernafasan atas, karena pada bagian atasi ini yang paling rentan berkumulnya virus-virus, dan ini lumrah terjadi apabila cuaca/musim dingin dan hujan berbulan-bulan.

Pengertian Infeksi Saluran Pernafasan

Infeksi saluran pernafasan adalah infeksi yang terjadi pada bagian-bagian di saluran pernafasan seperti di hidung, telinga tengah, faring (tenggorokan), kotak suara (laring, saluran bronkus, bronkioli samai ke paru-paru. Penyakit Saluran pernafasan ini bisa terjadi pada saluran pernafasan atas diantaranya

  • Penyakit Batuk dan pilek
  • Sakit pada bagian telinga (otitis media)
  • Radang pada faring/tenggorokan (faringitis)

dan infeksi saluran pernafasan bawah, diantaranya :

  • Penyakit Bronkitis
  • Bronkiolitis
  • Pneumonia

Banyak kita mendengar tentang penyakit infeksi saluran pernafasan ini dengan istilah ISPA, ISPA merupakan singkatan dari Infeksi Saluran Pernafasan Akut, Infeksi ini biasa terjadi sampai 14 hari lamanya. ISPA seringkali menjangkit kepada anak-anak, karena usia anak-anak memiliki daya tahan tubuh yang masih rendah, terutama usia-usia balita. Penyakit ISPA pada anak balita di Indonesia diperkirakan terjadi 3 sampai dengan 6 kali setahun.

Ketika terjadinya saluran pernafasan terinfeksi, maka akan timbul gejala-gejala seperti demam(panas dingin), hidung terasa mampet dan berair mengeluarkan mukus(ingus), pusing dan sakit kepala, tenggorokan terasa kering dan sakit, batuk-batuk, kadang nyeri di bagian telinga. Infeksi virus biasanya menyebabkan flu, demam dan batuk-batuk, sedangkan infeksi bakteri biasanya menyebabkan radang tenggorokan.

Penyebab Terjadinya Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA)

  • Virus – Merupakan penyebab utama dari infeksi ini, karena virus banyak bertebaran dimana dan lebih kuat usianya ketika musim dingin. Ketika seseorang bersin-bersin, biasanya virus ini bertebaran di sekelilingya, dan bisa menjankit kepada orang yang berada disekitarnya, usahakan untuk menutup mulut ketika bersin dan mencuci tangan setelahnya. Virus ini biasanya menyebabkan infeksi saluran ernafasan atas
  • Bakteri – Bakteri pun hidup dimana-mana, juga sangat senang pada musim peralihan atau acaroba dan lebih kuat pada suhu dingin, bakteri biasanya sebagai enyebab infeksi saluran pernafasan bawah.
  • Riketsia.

Pencegahan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan ISPA

Cara pencegahan terhadap penyakit infeksi saluran pernafasan adalah dengan cara meningkatkan daya tahan tubuh dengan melalui pola hidup sehat. Berikut adalah beberapa langkah pencegahan untuk menghindari penularan penyakit ISPA, antara lain :

  • Banyak minum air putih, terutama yang air putih yag hangat dan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah segar terutama yang banyak mengandung vitamin C. Apabila diperlukan konsumsikan pula vitamin dan zat antioksidan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh.
  • Cukupi waktu beristirahat istirahat, hindari stres, dan melakukan olahraga secara teratur walau hanya olahraga kecil.
  • cuci tangan sesering mungkin dengan menggunakan sabun untuk mencegah kuman, terutama bagi sering bersin-bersin..
  • Hindari merokok dan juga asap rokok
  • Jika tubuh sedang tidak fit, untuk sementara waktu hindari interaksi dengan penderita ISPA, atau gunakan masker.
  • Berikan nutrisi agar daya tahan tubuh senantiasa fit dan sehat selalu, seperti dengan mengkonsumsi madu hitam pahit, sebagai perawatan, pencegahan, dan pengobatan penyakit ISPA.

Mengkonsumsi Madu Hitam Pahit secara rutin akan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak gampang terjangkit berbagai penyakit. Sediakan selalu dirumah anda…

order madu hitam pahit